Penyebab munculnya keriput di wajah

Keriput atau garis halus merupakan salah satu bentuk pengaruh dari efek penuaan, kehadiran keriput di wajah pada sebagian orang menjadi hal yang menakutkan. Terlebih lagi jika keriput tersebut muncul lebih awal dari seharusnya. Keriput ini pada dasarnya akan muncul secara alami, karena keriput merupakan salah satu bentuk yang tak dapat anda cegah dan anda hindari. Namun jika keriput tersebut muncul sebelum waktunya, atau bisa dikatakan karena pengaruh efek penuaan dini, hal ini dapat anda cegah dengan melakukan perawatan yang tepat bagi wajah anda. Keriput itu sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempercepat kehadirannya, berikut ini beberapa penyebab munculnya keriput di wajah yang sering kali anda jumpai.

Penggunaan produk kosmetik
Penyebab utama munculnya keriput di wajah bisa terjadi karena penggunaan dari barang-barang atau produk kosmetika. Ketika anda menggunakan produk kosmetik yang memiliki kandungan bahan kimia aktif tentunya akan berakibat secara langsung bagi kulit wajah. Interaksi antara bahan kimia dengan kulit wajah tersebut tentunya akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Ketika kulit wajah menjadi rusak dan mati tentunya akan menyebabkan munculnya keriput di wajah anda. Lebih hati-hati dalam memilih produk kosmetik tentunya menjadi suatu hal yang perlu anda cermati lagi. Sebaiknya disesuaikan pula dengan kondisi jenis kulit yang anda miliki agar pengaruh efek dari penuaan dini tidak lekas muncul di wajah anda. 

Sinar matahari juga mampu menyebabkan munculnya keriput pada wajah anda
Paparan dari sinar matahari secara langsung yang jika menerpa kulit wajah anda dalam waktu yang cukup lama tentunya dapat merusak sel kulit wajah anda. Kulit menjadi kering dan lebih mudah terlihat kusam. Langkah pencegahan munculnya keriput bagi anda yang beraktifitas diluar ruangan tentunya pertimbangkanlah dengan mengenakan pelembab ataupun tabir surya yang dapat menangkal paparan dari sinar matahari tersebut.

Kekurangan cairan atau dehidrasi
Berkurangnya cairan dalam tubuh atau yang dikenal dengan dehidrasi ini juga menjadi salah satu penyebab munculnya keriput di wajah anda. Dengan berkurangnya cairan dalam tubuh tentunya tubuh tidak akan mampu memberikan kelembaban bagi kulit. Dengan berkurangnya kelembaban di kulit tersebut tentunya akan menyebabkan kulit lebih cepat kering dan mudah sekali berpengaruh akan munculnya keriput terutama pada bagian wajah anda.

Kebiasaan merokok
Kebiasaan dari merokok juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit anda, bukan hanya kulit wajah. Ketika anda masih terus melakukan kebiasaan ini tentunya pengaruh dari bahan aktif yang berbahaya bagi kesehatan juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit anda. Bahan aktif tersebut tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang berujung akan munculnya keriput pada seluruh bagian tubuh anda tanpa terkecuali keriput yang ada di wajah.

Pengaruh diet ketat
Diet yang ketat juga dapat memicu munculnya keriput di wajah anda, menjalani diet ketat yang kurang sehat dengan membatasi jumlah asupan terutama vitamin dan mineral yang seharusnya dibutuhkan tentunya malah mengganggu kesehatan tubuh dan dapat berdampak pada munculnya keriput terutama bagian wajah anda.


Pengaruh usia
Dengan bagaimanapun tentunya waktu ataupun usia akan mempengaruhi munculnya keriput, sifat alamiah ini tentunya tidak akan dapat anda hindari. Dimana pada usia tertentu tentunya kulit akan kehilangan keelastisannya sehingga lebih mempercepat terbentuknya keriput. Namun untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mempertahankan keelastisan dari kulit itu sendiri tentunya anda dapat menggunakan krim anti penuaan yang bisa anda terapkan sejak dini untuk mencegah munculnya keriput di usia dini.

Pengaruh dari gerakan wajah juga dapat mempercepat munculnya keriput di wajah
Ekspresi wajah menjadi salah satu penyebab munculnya keriput di wajah, sering mengerenyitkan dahi tentunya akan membentuk kerutan disekitar dahi. Sedangkan ketika wajah terkena sinar terutama sinar matahari yang terik akan secara reflek menyempitkan pandangan mata. Menyempitkan pandangan mata akan membentuk keriput disekitar kelopak mata anda terutama pada bagian sisi luar.

Kebiasaan minum kopi
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi ini juga dapat mempercepat terjadinya keriput pada kulit terutama pada bagian wajah. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan juga terhadap kesehatan kulit.

Dengan mengetahui penyebab akan munculnya keriput di wajah ini tentunya agar anda lebih waspada lagi serta dapat melakukan yang terbaik bagi wajah agar keriput ataupun pengaruh dari penuaan dini ini dapat anda hindari sejak awal.

 

Most Reading

Google+ Followers