Mengatasi kulit wajah yang kering

Cara mengatasi kulit wajah yang kering dengan memperhatikan bentuk perawatan wajah yang tepat, cara mengatasi kulit wajah yang kering agar kulit wajah anda tetap terlihat lebih cerah dan nampak tidak kusam. Bentuk perawatan yang peru anda perhatikan dalam merawat wajah yang kering ini tentunya menjadi suatu hal yang perlu anda lakukan dalam merawat dan menjaga kecantikan wajah. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit wajah yang kering agar wajah tetap cantik selalu.

Gunakanlah sabun yang dikhususkan untuk wajah ketika membersihkan wajah anda, penggunaan sabun khusus wajah ini tentunya diformulasikan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah anda agar tetap dapat menjaga kelembaban dan kelembutan wajah tersebut. Perhatikan pula akan sabun wajah yang hendak anda beli, pilihlah sabun wajah yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit wajah yang abda miliki. Hal ini tentunya bertujuan agar segala kandungan yang terdapat pada sabun wajah tersebut dapat bekerja secara maksimal.

Hindarilah terlalu sering anda membasuh wajah dengan air, kondisi membasuh wajah yang terlalu sering ini tentunya akan mengakibatkan minyak yang ada pada kulit wajah yang berfungsi sebagai pelembab alami akan terkikis. Jika hal ini terjadi tentunya kulit wajah anda akan lebih cepat mengering. Memang pada dasarnya membasuh wajah dengan menggunakan air ini dapat pula bertujuan untuk membersihkan wajah dan dapat memberikan kelembaban bagi kulit wajah anda, namun hal ini tentunya hanya bersifat sementara saja. Begitu air yang terdapat di wajah menghilang maka kondisi kulit wajah anda akan segera mengering kembali. Untuk menjaga kulit wajah tetap kering sebaiknya kenakan pelembab bagi wajah anda agar terhindar dari masalah kulit kering.

sumber gambar : google
Untuk membantu memberikan perlindungan terhadap wajah agar tidak mudah kering anda dapat memanfaatkan bahan alami seperti alpukat yang dijadikan sebagai masker alami bagi wajah yang kering. Penggunaan masker alpukat yang dikenakan pada malam hari menjelang tidur dan dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu ini mampu mempertahankan kelembaban kulit wajah anda secara alami. Kandungan alami yang terdapat pada alpukat ini tentunya mampu menutrisi wajah anda agar tidak mudah kering. Mengenakan masker alpukat atau menyantapnya secara langsung dan jika dilakukan secara rutin tentunya dapat mengembalikan kelembaban alami bagi wajah anda.

Cukupilah kebutuhan akan air bagi tubuh anda, mencukupi minum air putih dalam jumlah yang cukup ini tentunya akan menghindari anda dari bahaya dehidrasi. Dehidrasi juga menjadi salah satu pemicu keringnya kulit wajah anda. Mengkonsumsi air putih ini sebaiknya pula bukan hanya dilakukan pada siang hari saja, mengkonsumsinya dimalam hari juga dapat membantu anda terhindar dari ancaman dehidrasi selama anda tidur. Hindari minum minuman yang mengandung alkohol, soda dan juga minuman yang memiliki kandungan cafein.

Biasakanlah selalu mengenakan pelembab bagi wajah anda dimanapun anda berada. Tak hanya bagi anda yang berakitifitas diluar raungan, penggunaan pelembab bagi wajah juga perlu dilakukan bagi anda yang beraktifitas didalam ruangan. Terlebih lagi pada ruangan yang berpendingin udara, pendingin udara juga dapat memicu terjadinya kulit wajah kering. Sesuaikan pelembab yang anda gunakan dengan kondisi kulit wajah anda. Penggunaan pelembab ini bertujuan sebagai pelindung bagi kulit wajah dari pengaruh luar yang dapat memicu rusaknya sel kuit mati yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

Konsumsilah makanan bergizi yang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, disamping mampu menangkal radikal bebas bagi kesehatan tubuh antioksidan ini dapat pula bertindak sebagai pembantu dalam proses regenerasi sel kulit anda dengan mudah. Mengkonsumsi buah dan sayuran menjadi jenis makanan yang paling baik untuk membantu mencegah terjadinya kulit kering. 

Hilangkanlah kebiasaan membasuh wajah ataupun mandi dengan menggunakan air hangat, penggunaan air hangat ketika mandi dan membasuh wajah ini tentunya dapat memicu mengeringnya kulit anda. Hal ini dikarenakan sifat dari air hangat akan dengan mudahnya mengangkat minyak alami yang terdapat pada kulit sehingga lebih mempercepat kulit menjadi lebih kering, terlebih lagi ketika anda gunakan sebagai pencuci wajah anda. Jika memang diharuskan mengenakan air hangat untuk membasuh wajah, maka sebaiknya bilas kembali wajah tersebut dengan menggunakan air dingin atau air biasa agar pori-pori wajah mengecil kembali. 

Disaat mengeringkan wajah mengenakan handuk sebaiknya gunakan handuk yang memang dikhususkan bagi wajah dan memiliki tekstur yang lembut agar tidak merusak kulit wajah. Hindari pula menyeka wajah dengan menggosokan handuk yang terlalu keras. Hal ini akan memicu kerusakan sel kulit dan dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kering bahkan akan terlihat lebih kusam. Cukup tepukan saja handuk secara perlahan dan biarkan air tersebut diresap oleh handuk anda, lakukan secara berulang hingga wajah anda bersih.

Dengan melakukan perawatan wajah yang tepat ini tentunya menjadi bentuk perawatan terhadap wajah anda agar wajah tidak kering. Dengan memperhatikan perawatan kulit wajah tentunya wajah anda akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari masalah wajah yang pada umumnya muncul.

 

Most Reading